Hentikan Perang dan Biarkan kami damai dengan kehidupan - Film Brothers Review (2009)

Perang, perang, dan perang. Entah apapun tujuan diadakannya perang, pada dasarnya manusia tidak menginginkannya. Tidak diciptakan untuk saling membunuh dan ingin hidup tenang dan damai bersama keluarga dan sahabat-sahabat kita. Film Brother mengajarkan kita akan pentingnya nilai kemanusiaan, nilai kekeluargaan dan perdamaian yang didambakan oleh semua orang termasuk para prajurit perang sekalipun. 

Salah satu adegan film Brothers
Salah satu adegan ketika Sam mendesak adiknya (Tommy) untuk mengaku dia tidur dengan isterinya

“ini Negara kami, tidak seharusnya kau disini” 
salah satu kalimat yang diucapkan oleh seorang yang berasal dari Afganistan. Tentu saja kalimat sederhana ini memiliki makna yang mendalam, tidak ada seorangpun yang menginginkan kehidupannya diusik oleh orang lain, apalagi dengan berperang. 

Saya sangat tersentuh ketika menonton film Brothers, kita diajak untuk berintropeksi diri. Belajar dari kesalahan-kesalahan masa lalu. Bahkan kita akan diajarkan untuk menghargai dan mencintai keluarga, orang tua, dan sahabat kita. 

Sam Cahill (Toby Maguire), seorang Kapten yang sekembalinya dari tugas Negara(Amerika)-nya untuk berperang di Afghanistan harus merasa cemburu dengan adiknya Tommy (Jake Gyllenhaal). Prasangka buruknya tentu saja merupakan tekanan psikologis, imbas dari ketika ia harus membunuh temannya sendiri sesama tentara Amerika karena tekanan saat tertangkap oleh pasukan Afghanistan. Sam semakin tertekan dan dia berusaha mengorek kejujuran adiknya Tommy yang sudah tidur bareng isterinya bernama Grace (Natalie Portman). Kecemburuan ini berimbas dengan perbuatan brutal yang kemudian dilakukan oleh Sam terhadap keluarganya tersebut. Kapten yang menjadi kebanggaan Ayahnya ini kemudian dilarikan ke penjara karena ulahnya. 

Film Brothers yang saya tonton


Sebagian penggalan kisah diatas merupakan salah satu imbas negative dari Perang. Selain merusak pola hidup, baik yang memerangi maupun yang diperangi. Seperti tidak ada pilihan lain. Adanya kepentingan yang pada akhirnya bisa saja dijadikan alasan untuk mengadakan perang. Dan sebagai prajurit, Sam tentu saja hanya salah satui dari sekian juta marinir yang terpaksa ikut berperang demi menjalankan tugas Negaranya. Tidak ada yang bisa disalahkan untuk hal ini. Saya rasa kita bisa bercermin dari film Brothers, bahwa akan lebih indah jika kita ikut serta dalam menjaga perdamaian dunia tanpa berperang. Apalagi kita semua pasti mencintai keluarga kita. Mari hentikan perang!

Poster Film Brothers
Poster Film Brothers

Cerita yang kuat dan kehebatan aktor dan aktris dalam film Brothers menjadi kekuatan utama dalam film drama keluarga marinir ini. Semua memaikan perannya sesuai dengan porsi masing-masing menjadikan film ini lebih hidup dan kita akan ikut masuk dalam rangkaian cerita dari awal hingga akhir. Sungguh pendalaman karakter yang luar biasa! 

Film Brothers menjadi salah satu film rekomendasi yang wajib ditonton khususnya untuk para remaja yang mempunyai saudara (brother). Kita bisa mengambil pelajaran darinya untuk selalu menjalin hubungan baik dengan saudara kita dan selalu berbuat baik pula kepada orang tua. Sebaliknya untuk orang tua akan diberikan semacam shock terapi bahwa tidak semua yang dibanggakan itu akan selalu membanggakan dan bisa jadi suatu saat justru berbalik, begitupun sebaliknya. Kita diajarkan untuk selalu balance dalam menilai segala sesuatu. Dan berusaha untuk terus berbuat yang terbaik dengan apapun itu. Salut buat film Brothers!

Blogger
Disqus

Tidak ada komentar

Hot Review Film